Resep Membuat Kue Lumpur Kentang yang Mudah

Resep Kue Lumpur Kentang – Mau mencoba membuat Kue Lumpur Kentang sendiri di rumah? Anda bisa mendapatkan resep kue tradisional tersebut disini. Sudah disiapkan lengkap tentang berbagai bahan dan juga panduan atau langkah-langkah dalam membuat kue ini. Membuatnya tidak begitu sulit, asal kita mau mencoba dan belajar maka kue ini pasti akan menjadi salah satu kue andalan kita.

Seperti kita tahu, kue lumpur merupakan kue tradisional nusantara yang menjadi salah satu sajian wajib di berbagai acara adat tradisional masyarakat Indonesia. Kue ini merupakan kue jajanan pasar dan kudapan yang favorit dengan tekstur lembut ditambah aroma vanili atau pandan wangi.

Bahan dan cara untuk untuk membuat kue lumpur kentang ini cukup sederhana sehingga kue lumpur kentang ini bisa dijadikan pilihan bagi yang ingin membuat sendiri kue di rumah. Biasanya kue khas daerah ini disajikan saat lebaran idul fitri, jika anda ingin belajar anda bisa mulai dari sini dengan panduan cara membuat kue lumpur kentang yang sudah disiapkan.

A. Bahan – Bahan

Tentu saja, kita akan mulai dengan menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan. Pertama tentu kita siapkan peralatan pembuat kue yang akan kita gunakan. Setelah itu kita siapkan bahan-bahan kue yang akan diolah menjadi kue khas tersebut. Untuk bahan kue lumpur kentang ini mari kita siapkan sesuai daftar yang ada di bawah ini.

  • 150 gr tepung terigu
  • 1/2 kg kentang
  • 150 gr gula
  • 4 buah telur
  • 1,5 cup santan)*, tambahkan 1 sdt garam (direbus)
  • 2 sdm “cream butter” cair
  • Kismis secukupnya
  • Vanili secukupnya

)* Takaran 1 cup untuk bahan cairan 250 ml. Jadi 1 1/2 cup santan pada resep di atas = 375 ml santan. “Cream butter” adalah mentega yang berbahan dasar krim dari susu, berbeda dengan mentega yang biasanya berbahan dasar lemak hewani.

B. Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Mudah

Kendala utama yang sering menyurutkan niat kita untuk membuat kue adalah proses pembuatan yang rumit dan membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Tentu saja, semua harus dibuat dengan sabar dan telaten untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, begitu juga dengan resep kue ini.

Baca Juga :

Nah, bagi yang ingin ikutan belajar membuat kue ini bisa langsung mempelajari dulu proses pembuatan kue tersebut sebagai berikut.

  1. Kukus kentang, hancurkan dan kocok hingga halus. Campur dengan tepung terigu, gula.
  2. Masukkan santan panas sambil diaduk, kemudian masukkan telur satu per satu sambil dikocok pelan-pelan, beri mentega cair dan vanili.
  3. Lumuri cetakan kue lumpur dengan mentega, kemudian tuangkan adonan sampai penuh dan beri kismis.
  4. Oven sampai kuning
  5. Sajikan untuk : +/- 10 buah

Tidak begitu sulit bukan? Ya, meski baru pertama kali tetapi kita harus yakin bahwa kita bisa membuat sendiri kue enak tersebut. Sabar, saat pertama membuat mungkin hasilnya kurang memuaskan namun jika mau mencoba dan belajar lagi pastinya kue tersebut akan lebih sempurna lagi.

 Anda bisa mendapatkan resep kue tradisional tersebut disini Resep Kue Lumpur Kentang yang Mudah

Kalau anda sudah membuat Resep Kue Lumpur Kentang di atas jangan lupa coba juga beberapa kue lezat lain yang ada di bawah. Mudah-mudahan resep kue kali ini bisa menjadi referensi tambahan bagi anda semua khususnya yang gemar membuat kue sendiri.

About Aji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *