Resep Masakan Sup Kambing Khas Medan

Resep Sup Kambing Khas Medan – Wah untuk masakan yang satu ini di mana-mana biasanya cukup banyak penggemarnya baik itu yang sesuai dengan cita rasa daerah tertentu maupun jenis sop atau sup umum yang sudah dikenal lebih luas.

Kali ini kita akan mencoba menyajikan kreasi masakan ini  menggunakan cita rasa dari daerah Medan. Tidak kalah dengan yang sudah biasa kita kenal, rasanya mantap, mau ikutan mencoba resep nusantara yang satu ini?

Kreasi masakan seperti ini bisa kita gunakan untuk sajian pribadi di rumah manakala kita tidak memiliki banyak waktu luang untuk pergi keluar rumah mencari hidangan yang mantap. Resep sup kambing ini bisa kita jadikan alternatif berbagai menu masakan yang biasa dihidangkan untuk keluarga tercinta di rumah.

Dengan begitu tidak perlu keluar rumah jika kita dapat membuat sendiri makanan yang enak, lezat dan sedap seperti ini. Kenikmatan dari menu masakan seperti ini biasanya bukan hanya terletak pada daging yang digunakan melainkan dari kekuatan rasa kaldu yang ada.

Masakan seperti sup ini memang sangat kental dengan rasa yang benar-benar dapat melekat di lidah kita. Jika anda termasuk yang menyukai daging kambing maka olahan sup kambing seperti ini bisa menjadi salah satu menu andalan yang bisa disajikan. Lalu bagaimana cara membuat sup kambing medan tersebut? Mari kita langsung ke panduan resep yang ada di bawah ini.

A. Bahan dan Bumbu

Berbicara mengenai resep sudah tentu yang pertama akan kita bahas adalah bahan dan bumbu untuk masakan yang akan di buat. Untuk masakan medan ini apa saja yang harus kita siapkan? Dari namanya sudah pasti kita akan membutuhkan daging kambing.

Tapi daging kambing untuk masakan sup ini bukan hanya dagingnya saja namun kita akan menggunakan daging kambing dengan tulang untuk memberikan cita rasa yang mantap. Mari kita siapkan langsung bahan dan bumbu sup kambing tersebut seperti pada daftar di bawah ini.

Bahan
  • 700 gr daging kambing dan tulangnya, tanpa lemak
  • 2,5 ltr air
Bumbu
  • 10 bawang merah, rajang
  • 5 bawang putih, rajang
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 250 gr wortel, potong dua
  • 3 tangkai seledri
  • 3 btr kapulaga
  • 2 buah bunga lawang
  • 1 sdt Merica bubuk
  • 2 cm kayu manis
  • 1/2 butir pala, diparut
  • 2 buah Tomat, kupas potong dadu
  • Garam secukupnya
  • Garnish / pelengkap
  • 2 tangkai daun seledri rajan halus
  • 3 tangkai daun bawang rajang halus
  • Bawang goreng

Ingin cita rasa yang kental dan mantap tentu membutuhkan banyak racikan bumbu. Maka dari itu kita siapkan bahan serta berbagai bumbu yang akan kita gunakan sesuai pada daftar di atas.

Semakin lengkap bumbu yang kita gunakan maka akan semakin mantap rasa yang dihasilkan dari masakan ini. Tentu saja untuk masakan di rumah kita dapat menyesuaikan dengan keadaan dan keinginan.

B. Cara Membuat Sup Kambing Khas Medan

Di mana-mana untuk membuat sup prosesnya tidak akan berbeda jauh demikian juga dengan resep sup kambing medan yang akan kita buat ini. Bagi yang ingin belajar membuat masakan ini sendiri di rumah silahkan ikuti langkah-langkah memasak yang di jelaskan di bawah ini.

  1. Bersihkan dan cuci bersih daging kambing, agar tidak berbau
  2. Didihkan air dan masukkan semua bumbu, kecuali tomat dimasukkan 15 menit sebelum diangkat
  3. Biarkan mendidih kembali selama 5 menit dengan api besar kemudian masukkan daging.
  4. Didihkan lagi 5 menit lalu tutup panci dan kecilkan api, masak selama 3 jam. Jika menggunakan presto waktu memasak akan lebih cepat, tetapi kurangi jumlah air menjadi 2 liter.
  5. Sebaiknya dihidangkan sehari kemudian agar rasa semakin mantap, panaskan sup selama 15 menit dan tambahkan rajangan seledri dan daun bawang.
  6. Taburi bawang goreng….. sajikan

Menyajikan sup kambing medan kita bisa merasakan sensasi berwisata kuliner di tanah Medan tersebut. Lain waktu jika masih penasaran dengan kelezatan masakan ini kita bisa berkunjung dan melakukan wisata kuliner ke daerah tersebut bersama keluarga tercinta.

 Wah untuk masakan yang satu ini di mana Sup Kambing Khas Medan
Baca Juga :

Itu saja pembahasan resep masakan khas daerah kali ini. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi sajian masakan untuk keluarga di rumah. Semakin banyak resep yang kita kuasai maka akan semakin bervariasi masakan yang bisa dihidangkan. Jangan lupa coba juga beberapa menu lain yang tak kalah mantap di bagian akhir resep ini.

About Aji

Check Also

Cara Membuat Sekoteng Yang Segar Nikmat

Cara Membuat Sekoteng Yang Segar Nikmat – Minuman yang menyegarkan, nikmat, tentunya akan sangat dicari. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *