Resep Masakan Khas Gorontalo Binte Biluhuta

Resep ini khususnya akan saya suguhkan bagi penggemar olahan jagung manis dan juga udang. Masakan ini bernama Binte Biluhuta yang merupakan resep khas daerah Gorontalo. Yang belum pernah mencoba saya jamin nyesel kalau tidak mengikuti resep cara membuat binte biluhuta berikut ini!
Untuk yang belum tahu, gorontalo juga memiliki kekayaan kuliner yang patut di coba. Misalnya saja salah satunya adalah jenis masakan berkuah dengan bahan dasar udang. Tidak ada salahnya dicoba. Apalagi jika anda salah satu yang suka dengan udang.
Mungkin bisa menjadi alternatif olahan udang. Misalnya bisa dijadikan untuk menu-menu kejutan di hari libur untuk keluarga tercinta. Kan bisa sambil berwisata kuliner di rumah. Tanpa harus repot jalan-jalan.
Kalau dari segi rasa nanti bisa dicoba sendiri. Tentunya siapa yang memasak akan menentukan rasa akhir masakan tersebut. Tapi tidak ada salahnya. Untuk membuat masakan ini juga tidak sulit kok. Apalagi di tangan koki ahli di rumah.

A. Bahan Untuk Resep Masakan Khas Gorontalo

Jika sekarang sobat netter sudah berada di dapur dan siap dengan kreasi yang akan membuat keluarga tercinta berdecak maka langsung saja kita siapkan bahan-bahan untuk membuat masakan binte biluhuta ini.
  • Siapkan 425 gram jagung manis pipilan
  • Jangan lupa 750 ml air
  • Siapkan juga 400 gram udang dan buang kepalanya
  • ½ butir kelapa setengah tua juga perlu disiapkan
  • Kemudian 10 buah belimbing sayur, potong-potong
  • Ada lagi 1 batang daun bawang, iris tipis
  • Selanjutnya 20 helai daun kemangi, siangi
  • 8 buah bawang merah, silahkan diiris halus
  • 2 buah jeruk nipis, ambil airnya
Bumbu untuk dihaluskan
  • 3 buah cabai merah
  • 15 buah cabai rawit
  • 1 sendok garam
Ah, kalau melihat bahan-bahan dan bumbu yang digunakan pasti bisa ditebak deh seperti apa prosesnya. Ibu – ibu dan rekan remaja putri pasti piawai mengolah berbagai bahan masakan yang diperlukan.

B. Cara Membuat Masakan Binte Biluhuta

Kalau sudah siap dengan bahan dan bumbu yang saya minta diatas maka mari kita olah langsung bahan-bahan tersebut menjadi masakan binte biluhuta, cara membuatnya sebagai berikut:
  1. Siapkan kelapa, kupas kulitnya dan parut panjang
  2. Rebus jagung sampai matang
  3. Masukkan bumbu halus, udang, kelapa, belimbing, daun bawang, kemangi, dan bawang merah.
  4. Masak sampai matang.
  5. Sebelum diangkat masukkan air jeruk nipis.
 Resep ini khususnya akan saya suguhkan bagi penggemar olahan jagung manis dan juga udang Resep Masakan Khas Gorontalo Binte Biluhuta
Singkat dan mudah bukan Resep Masakan Khas Gorontalo Binte Biluhuta ini, makanya saya tadi bilang nyesel kalau tidak mengikuti dan mencoba menyajikan masakah khas Gorontalo ini buat keluarga di rumah. Kapan lagi bisa berkreasi kalau tidak didapur sendiri hee e e… sampai disini saja, selamat mencoba.

About Aji

Check Also

Resep Masakan Gulai Lemak Tahu Tempe

Resep Gulai Lemak Tahu Tempe Khas Daerah Sumatra Utara – Ada banyak masakan khas Sumatra …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *