Resep Masakan Gulai Lemak Tahu Tempe

Resep Gulai Lemak Tahu Tempe Khas Daerah Sumatra Utara – Ada banyak masakan khas Sumatra Utara yang terkenal dan diminati pecinta kuliner nusantara, salah satunya adalah gulai lemak tahu tempe yang akan segera kita coba ini. Resep gulai lemak tahu tempe dari Sumut ini akan kita kupas lengkap dengan informasi bahan-bahan dan cara membuat atau memasaknya.

Tahu dan tempe merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sangat umum digunakan di masyarakat kita. Meski begitu kebanyakan masakan-masakan tahu tempe kurang begitu diminati karena penyajiannya yang monoton dan cenderung membosankan.

Untuk tempe sendiri misalnya sering dianggap sebagai bahan yang merusak rasa masakan jika dicampur dengan bahan lain yang umumnya di kenal enak. Padahal tempe merupakan bahan masakan yang memiliki nilai gizi cukup baik.

Coba kita lihat di rumah, biasanya tahu dan tempe kebanyakan hanya diolah ala kadarnya kalau tidak digoreng ya ditumis oseng atau disantan. Itu-itu saja menu tahu tempe yang biasa banyak disajikan dan akhirnya membuat kebanyakan keluarga bosan.

Maka dari itu tak salah jika kita sempatkan diri untuk mencoba kreasi masakan lain dengan kedua bahan tersebut misalnya dengan menyajikan masakan gulai lemak dari sumatra utara.

Masakan berbahan dasar tahu tempe ini cukup enak dan lezat dan tentunya juga memiliki nilai gizi yang memadai. Bagaimana tidak, menu gulai satu ini menggunakan bahan dasar yang lumayan bagus yaitu tahu, tempe dan juga udang.

Jadi, dengan menu khas daerah yang satu ini kita tidak akan terlalu terfokus dengan rasa tahu dan tempe karena ada kombinasi bahan dasar lain yang cukup mengundang selera. Agar lebih jelas mari kita pelajari resep gulai lemak tersebut di bawah ini.

A. Bahan dan Bumbu Gulai Lemak Tahu Tempe

Sesuai dengan namanya, bahan dasar dari masakan daerah ini adalah tahu dan tempe. Selain itu, masakan ini juga mengunakan sedikit udang basah sebagai bahannya. Lalu apa saja bahan-bahan dan bumbu yang digunakan, mari langsung kita siapkan semuanya dibawah ini.
Bahan-Bahan
  • 300 gr tahu, dipotong kecil jadi 20 potong
  • 250 gr tempe, dipotong kecil
  • 250 gr udang basah, kupas kulitnya
  • 25 gr (10 lembar) daun tapak leman (mangkokkan)¬†diiris halus
  • 1 lembar daun kunyit, diiris halus
  • 500 ml santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh, dimemarkan
Bumbu Halus
  • 1 sdt irisan jahe
  • 1 sdt irisan kunyit
  • 1 sdt irisan bawang merah
  • 1 sdt irisan bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt irisan laos
  • 1 sdt garam

Dari daftar bahan dan bumbu di atas jelas terlihat bahwa menu ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan menu masakan berkuah lainnya yang biasa kita sajikan.

Bisa kita lihat, masakan ini menggunakan bumbu dasar rempah mulai dari kunyit, daun salam, jahe, kunyit, bawang dan berbagai rempah lain. Jika ingin mencoba menyajikan sendiri menu tersebut kita bisa mulai menyiapkan bahan dan bumbu di atas.

B. Cara Memasak Gulai Lemak

Sudah siap semua, yuk kita belajar masak menu ini. Masakan yang satu ini merupakan masakan yang tidak sulit cara membuatnya karena itu pastilah kita semua bisa memasaknya sendiri di rumah. Cara membuat masakan gulai lemak tersebut yaitu:
  1. Didihkan santan kental bersama bumbu yang telah dihaluskan, daun salam, daun sereh
  2. Setelah mendidih masukkan udang, tahu, tempe dan terakhir daun tapak leman/mangkokan dan daun kunyit yang sudah diiris halus
  3. Aduk sampai masak, angkat.
  4. Hidangkan untuk 8 porsi (1 porsi = 135 kalori)
Weh, bagaimana? Ya tidak sulit. Memang, siapa bilang memasak itu sulit. Kalau dulu mungkin iya karena agak susah menyiapkan bumbu dan takarannya. Kalau sekarang kan sudah banyak buku resep. Tinggal ikuti saja, benar tidak?
Kalau yang sudah biasa di dapur sepertinya tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Biasanya sudah ada insting. Mau masak apa, bumbunya bagaimana dan seterusnya. Untuk rekan remaja putri bisa mencoba dengan panduan di atas ya.
Ya memang, jenis masakan ini memang tidak begitu sulit untuk di masak. Maka dari itu bagi yang belum terbiasa memasak tidak perlu takut untuk mencoba memasak menu spesial di atas. Selain resep tersebut, netter semua juga dapat mencoba menu Anyang Ayam dan Jantung Pisang yang juga merupakan kuliner asli daerah Sulawesi Utara atau bisa juga mencicipi Resep Masakan Spesial yang juga banyak digemari.

About Aji

Check Also

Kumpulan Contoh Resep Masakan yang Mudah

Kumpulan Contoh Resep Masakan yang Mudah – Aktivitas memasak banyak dianggap oleh sebagian kaum wanita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *