Resep Kue Klappertaart yang Mudah

Kue Klappertaart – Pernah mendengar yang namanya kue klappertaart bukan? Ya, kue yang satu ini juga merupakan salah satu kue yang cukup istimewa di kalangan masyarakat, khususnya yang dari Manado, Sulawesi Utara.

Kue ini dikatakan istimewa karena kehadirannya banyak disajikan di acara-acara tertentu. Tapi tentu saja, kue ini bisa disajikan untuk sehari-hari selain untuk acara – acara khusus.

Meski berasal dari Manado, di hari raya lebaran atau natal dan tahun baru biasanya kue ini banyak disajikan oleh masyarakat. Wajar memang, karena pada kesempatan seperti itu biasanya hampir semua masyarakat kita akan mencari banyak referensi berbagai jenis kue untuk dihidangkan pada para pengunjung, kerabat atau keluarga kita.

Kalau anda asli masyarakat Indonesia pasti anda tidak asing dengan kebiasaan-kebiasaan seperti itu, apalagi menjelang perayaan idul fitri, banyak sekali jenis kue yang akan dipilih untuk dihidangkan.

Kue yang satu ini juga bisa dijadikan pilihan bagi anda yang sedang mencari ide untuk sajian di hari raya tersebut. Kalau anda belum pernah membuat kue ini maka tidak salah juga jika anda mencobanya di rumah.

Dilihat dari segi pembuatannya, klappertaart adalah salah satu kue panggang. Kue ini menggunakan bahan – bahan yang sudah cukup umum digunakan dalam kue-kue tradisional. Beberapa diantara bahan tersebut misalnya kelapa muda dan tepung terigu.

Untuk proses pembuatannya sendiri tidak begitu sulit, ya tidak jauh berbeda dengan jenis kue-kue lain yang biasa kita buat. Bagi anda yang belum pernah membuat kue kering ini bisa mencobanya dengan mudah.

Satu dua kali mencoba sendiri tentu akan menghasilkan kue yang cukup bagus dan sesuai selera. Nah, karena kita berbicara mengenai resep maka kita lihat saja bagaimana proses membuat kue tersebut.

A. Bahan – Bahan

Kita mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan ya? Pertama sebelum membuat suatu kue tentu yang paling penting adalah mencari tahu apa saja bahan-bahan yang akan digunakan. Dengan begitu nanti kita bisa mendapatkan gambaran seperti apa kue tersebut.

Untuk klappertaart sendiri sebenarnya bahan utamanya adalah daging kelapa muda. Namun begitu untuk bahan sendir tentu ada beberapa bahan kue yang harus anda siapkan lebih dahulu jika ingin mencoba membuat kue ini. Pertama bisa anda mulai dengan menyiapkan semua bahan yang ada dalam daftar di bawah ini.

Bahan kue

  • – 500 gr daging kelapa muda dari 7 – 8 butir kelapa muda, sisihkan airnya
  • – 175 ml susu segar/santan, panaskan
  • – 2 lembar roti tawar segi empat tanpa kulit
  • – 50 gr tepung terigu
  • – 125 gr gula pasir
  • – 5 butir telur
  • – 30 gr kenari, cincang kasar
  • – 50 gr kismis
  • – 1/2 sdt vanili
  • – Kertas roti dan margarin secukupnyaBagaimana dengan bahan di atas, tidak sulit bukan untuk menyiapkan semua bahan tersebut? Ya, sebelum anda mencoba belajar resep kue ini anda bisa menyiapkan semua bahan di atas mulai dari kelapa muda, susu segar, roti tawar dan seterusnya.

    Selain itu jangan lupa juga siapkan bahan selengkapnya misalnya kenari, kismis dan juga vanila. Kalau sudah siap semua bahan tersebut baru kita bisa melangkah ke proses pembuatan.

    Ingat ya, dalam pembuatan kue pasti ada kalanya tidak sesuai dengan keinginan apalagi jika pertama mencoba. Anda tidak perlu khawatir, semua kue yang anda buat tentu bisa disesuaikan dengan selera baik dari segi rasa maupun variasnya.

    B. Cara Membuat Kue Klappertaart

    Kalau masalah pembuatan, seperti tertulis jelas pada judul ini, tidaklah sulit. Untuk anda yang belum pernah mencoba sama sekali pun tidak perlu khawatir berlebihan. Lagi pula, kita kan akan membuat kue untuk kita sendiri, kita yang buat dan untuk kita jadi meski nanti ada yang kurang pas ya tidak ada masalah, benar tidak?

    Maka dari itu tidak perlu terlalu takut, hilangkan rasa takut dan mulai belajar dan mencoba agar bisa membuat kue ini sendiri. Siapa tahu dalam satu dua kali mencoba anda bisa ahli membuat kue ini dengan variasi anda sendiri. Ya sudah, sekarang kita lihat dulu bagaimana proses pembuatan kue ini ya. Langkah-langkah dalam membuat kue ini yaitu sebagai berikut!

    1. Rendam roti tawar dengan susu/santan sampai lunak, hancurkan, sisihkan.
    2. Rebus daging buah kelapa dengan air kelapa kurang lebih 15 menit. Angkat dan tiriskan.
    3. Kocok telur dan gula hingga larut. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
    4. Tambahkan rendaman roti tawar, kelapa muda, kenari, kismis, dan vanili, aduk rata. Tuangkan ke loyang yang sudah dialasi kertas roti dan dilapisi margarin.
    5. Panggang dengan oven dengan panas 170°C – 180°C sampai matang kecokelatan selama +/- 35 menit. 5. Angkat.
    6. Setelah dingin, kue klappertaart siap dipotong-potong dan disajikan, untuk 16 potong.

    Benar bukan tidak sulit untuk membuat kue ini? Ya namanya juga kue panggang ya kurang lebih caranya ya sama seperti itu.

    Yang membedakan hanya adonan kue yaitu bahan-bahan yang digunakan didalamnya. Bagi anda yang ingin berkreasi anda bisa menciptakan kue yang lebih sesuai dengan selera anda sendiri baik dari segi rasa maupun tampilan.

     kue yang satu ini juga merupakan salah satu kue yang cukup istimewa di kalangan masyaraka Resep Kue Klappertaart yang Mudah

    Dengan mencoba resep kue klappertaart ini anda bisa mendapatkan tambahan referensi untuk jenis – jenis kue yang bisa anda hidangkan di saat acara tertentu misalnya hari raya lebaran, natal atau tahun baru.

    Pokoknya semakin banyak anda belajar resep kue maka anda akan semakin mudah memilih kue yang ingin disajikan. Jangan lupa, selain kue klappertaart ini anda bisa juga bisa mencari resep-resep lain yang cukup mudah untuk dibuat.

    Untuk jenis kue seperti ini anda bisa melihat pada bagian kue kering atau menelusuri langsung dari pencarian. Pokoknya disini anda bisa mencari resep apapun untuk anda pelajari. Itu saja, semoga tambahan ini bisa berkenan bagi anda semua, salam.

About Aji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *