Resep Ikan Bakar Oeiloni dari Gorontalo

Hari ini kita akan berbicara mengenai sebuah cara membuat masakan oeiloni ini silahkan mengikuti uraian yang akan disampaikan.
Jenis menu yang akan kita coba ini adalah termasuk jenis masakan ikan bakar. Masakan Gorontalo ini menggunakan ikan kuwe yang dibakar kemudian disiram dengan bumbu yang sudah disiapkan. Bagi pecinta ikan bakar tidak boleh melewatkan rasa ikan kuwe bakar tersebut dong.
Ah, sama saja dengan yang lain, namanya juga ikan bakar. Ya, jenis menu ini memang ikan bakar tetapi jelas sekali bahwa ikan yang dibakar berbeda. Tentu saja menu ikan bakar rasanya akan tergantung dengan ikan yang dibakar bukan?
Ya, maka dari itu, bagi yang ingin merasakan nikmat dan sensasi masakan yang berbeda tentu bisa mencoba ikan bakar dari Gorontalo ini. Tidak ada salahnya bukan? Sekarang, langsung saja kita bahas mulai dari bahan dan bumbu.

A. Bahan dan Bumbu

Tentunya untuk memasak hal pertama yang akan kita lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Yang akan kita masak adalah ikan kuwe. Bumbunya sederhana, silahkan disiapkan ya. Bahan dan bumbu untuk masakan gorontalo ini seperti dalam daftar berikut!
Bahan-Bahan
Ikan kuwe
Garam
Jeruk nipis, ambil airnya
Minyak goreng
:
:
:
:
1 ekor (1 kg)   
1 sdm              
1 bh                
5 sdm  
Bumbu Halus
Cabai merah
Bawang merah
Bawang putih
Jahe
Garam
:
:
:
:
:
150 gr
8 bh
2 siung
1 cm
1 sdt

Kalau mau berkreasi ya bisa saja. Mungkin ada yang ingin mengganti jenis ikan yang digunakan. Bisa juga kok, kita pilih saja lalu menggunakan bumbu yang sesuai resep. Tapi nanti rasanya tentu beda dari yang asli.

Tidak apa-apa, namanya juga mencoba. Ya sudah, yang mau ikutan silahkan disiapkan semuanya. Kalau semua bahan dan bumbu telah tersedia kita dapat langsung mulai memasak masakan khas daerah kali ini. Caranya, silahkan lihat petunjuk di bawah!

B. Cara Memasak Oeiloni Gorontalo

Proses memasak untuk resep kali ini tidaklah sulit dan rumit dan saya yakin anda semua dapat melakukannya dengan mudah. Cara membuat atau cara memasaknya yaitu:
  1. Siangi ikan, buang insang dan isi perut.
  2. Lumuri garam dan air jeruk nipis.
  3. Diamkan selama 10 menit sampai bumbu meresap.
  4. Lumuri lagi ikan dengan sebagian bumbu halus, diamkan sebentar.
  5. Bakar di atas bara arang sampai matang dan harum.
  6. Panaskan minyak, tumis sisa bumbu halus sampai matang dan harum.
  7. Siramkan ke atas ikan bakar.
  8. Angkat dan hidangkan untuk 4 porsi
Sekarang tambah satu lagi menu ikan bakar yang dapat kita sajikan untuk keluarga tercinta yaitu “Resep Oeiloni dari Gorontalo” ini. Jadi tidak bosan bukan kalau ingin menyantap ikan bakar yang berbeda. Makanya, sama – sama kita coba ya.
Dengan menu ini tentunya variasi masakan yang kita hidangkan akan lebih banyak dan tidak akan takut keluarga bosan dengan menu yang dihidangkan. Sampai disini selamat mencoba masakan gorontalo tersebut!

About Aji

Check Also

Cara Membuat Sekoteng Yang Segar Nikmat

Cara Membuat Sekoteng Yang Segar Nikmat – Minuman yang menyegarkan, nikmat, tentunya akan sangat dicari. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *