Cara Membuat Kue Kuping Gajah Renyah Enak

Cara Membuat Kue Kuping Gajah yang Renyah dan Enak – Sebagai kue khas Lebaran sebenarnya Kue Kuping Gajah sudah banyak dikenal di masyarakat. Meski demikian masih banyak diantara kita yang belum bisa membuat sendiri kue tersebut. Disini, untuk penggemar kue semua akan diberikan panduan yang lengkap untuk kue ini mulai dari bahan sampai cara membuat kue khas tersebut.

Kue kuping gajah selain manis, enak dan renyah, juga memiliki aneka variasi rasa tambahan, mulai dari rasa coklat, vanila hingga rasa moka. Kue kuping gajah ini dapat ditemui di pasar-pasar tradisional dan juga pasar swalayan. Namun, sekarang agak jarang dijumpai resep kue ini karena proses pembuatan-nya dianggap cukup rumit.

Padahal teknik pembuatannya cukup mudah dan bahan-bahannya juga mudah didapat seperti bisa dibaca pada resep kue kuping gajah di bawah ini. Kue kuping gajah ini cocok dan aman dikonsumsi semua kalangan usia, karena tidak mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan.

Jika anda ingin mencoba belajar membuat sendiri silahkan ikuti panduan untuk resep kue kuping gajah yang akan diberikan berikut ini. Oh iya, sebelum lebih jauh kita bahas kue tradisional ini jangan lupa lihat juga beberapa kue lebaran lain di bawah ini.

1) Cara membuat kue bawang
2) Cara membuat kue kering
3) Resep kue kuping gajah rainbow
4) Resep kue lidah kucing

Kalau berbicara mengenai kue lebaran tradisional ini maka ada beberapa hal yang akan selalu menarik untuk dibahas lebih jauh. Beberapa hal tersebut berkaitan dengan proses pembuatan, misalnya mengenai cara membuat kue kuping gajah goreng atau cara membuat kue kuping gajah yg renyah. Untuk yang baru belajar mencoba membuat kue ini hal-hal seperti itu pasti sering terlintas dipikiran.
Tentu saja, karena lebaran adalah hari yang spesial maka kita pasti ingin berusaha membuat kue kuping gajah renyah dan yang enak, benar bukan? Nah, semua itu tidak bisa serta merta terjadi, kita harus mulai dari belajar membuatnya sendiri di rumah. Supaya tidak terlalu sulit maka silahkan coba dengan panduan resep yang sudah disiapkan.

A. Bahan Kue 

Pertama tentu sebelum belajar membuat kue kita harus mempelajari terlebih dahulu apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan. Nah, untuk jenis kue kering yang satu ini sebenarnya bahannya tidak terlalu banyak.

Beberapa bahan yang diperlukan misalnya tepung terigu, tepung maizena, telur dan sebagainya. Lebih lengkap kita bisa menyiapkan seluruh bahan yang dibutuhkan seperti terdapat pada daftar berikut.

  • 150 gr tepung terigu
  • 25 gr tepung maizena
  • 2 butir telur
  • 50 gr gula bubuk
  • 1/2 sdm cokelat bubuk
  • 1/2 sdt vanila
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml santan kental

B. Cara Membuat Kue Kuping Gajah

Kalau bahan-bahannya sudah siap semua dan tidak ada yang kurang maka tinggal mulai saja mempelajari bagaimana proses pembuatannya. Pada dasarnya untuk membuat kue ini tidak sulit. Satu yang mungkin butuh penanganan yang ektra adalah ketika membuat adonan. Agar lebih jelas langkah-langkah membuat kue ini seperti dijelaskan di bawah ini.

  1. Kocok telur bersama gula bubuk hingga kental, tambahkan vanila dan garam, aduk rata.
  2. Campur tepung terigu dan maizena, tuangkan santan sedikit demi sedikit, aduk rata hingga adonan licin dan dapat dipulung.
  3. Ambil 1/2 bagian adonan, tambahkan coklat bubuk, uleni hingga rata.
  4. Gilas masing-masing adonan hingga setebal 0,5 cm, tumpuk adonan coklat dan putih kekuningan menjadi satu, tekan hingga melekat. Gulung hingga padat, bentuk adonan menjadi silinder, simpan sebentar dalam lemari pendingin.
  5. Keluarkan adonan, potong melintang tipis, gilas kembali potongan adonan hingga tipis, sisihkan.
  6. Goreng kue dalam minyak hangat hingga kue matang dan kering. Angkat, tiriskan. Sajikan. Bisa juga disimpan dulu dalam stoples kedap udara agar lebih tahan lama dan terjaga kerenyahannya.
  7. Untuk : 300 gram
Cara Membuat Kue Kuping Gajah yang Renyah dan Enak Cara Membuat Kue Kuping Gajah Renyah Enak

Lebaran akan terasa berbeda jika kita ikut sibuk membuat kue sendiri. Membuat kue lebaran seperti ini bukan hanya masalah urusan makanan, tetapi ada kebersamaan didalamnya. Bayangkan, anda bisa bercengkrama dengan anggota keluarga secara lebih dekat ketika membuat kue-kue lebaran, hal itulah nilai yang lebih mahal dari uang dan hasil kuenya.

Kalau anda mau belajar tentunya anda pasti akan bisa membuat sendiri kue lebaran tersebut di rumah anda. Mudah-mudahan Cara Membuat Kue Kuping Gajah ini bisa menambah referensi dan pengetahuan kita semua. Setelah selesai silahkan coba juga kue enak dan lezat lainnya di bagian bawah.

About Aji

Check Also

Kumpulan Contoh Resep Masakan yang Mudah

Kumpulan Contoh Resep Masakan yang Mudah – Aktivitas memasak banyak dianggap oleh sebagian kaum wanita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *