Cara Membuat Itik Panggang Khas Kalimantan

Cara Membuat Itik Panggang Khas Kalimantan – Keluarga di rumah paling suka dengan menu panggang, apa saja maunya di panggang atau di bakar sampai terkadang kewalahan mencari resep masakan panggang yang yang jarang dibuat. Salah satu menu panggang yang menjadi pilihan adalah Itik Panggang Khas Kalimantan, merupakan masakan khas dari Kalimantan Selatan yang cukup enak dan lezat.
Cara Membuat Itik Panggang Khas Kalimantan
Kalau di tempat asalnya masakan ini biasanya disajikan pada acara khusus yaitu acara kelahiran. Disini kita akan coba berkreasi dengan resep asli tersebut untuk mendapatkan resep itik yang sesuai dengan selera lidah kita.
Jika anda ingin atau sedang mencari resep itik panggang anda bisa bergabung disini untuk belajar memasak masakan khas daerah yang satu ini. Tidak susah pastinya, bahan dan bumbunya juga mudah disiapkan dan yang terpenting adalah kita belajar menu baru.

Bahan dan Bumbu Itik Panggang Khas Kalimantan

Seperti juga menu sejenis ini, bahan dan bumbu yang digunakan tidaklah terlalu banyak dan tergolong mudah untuk disiapkan. Apa saja, pertama tentu daging itik sebagai bahan dasar, ada juga jeruk nipis, jahe, untuk bumbu seperti bawang dan juga merica dan ketumbar.
Apalagi bahan dan bumbu lainnya, berikut dibawah ini merupakan bahan-bahan dan juga bumbu untuk masakan Kal-Sel tersebut, lengkap dengan takaran pada tabel.
Bahan-bahan
  • 1 ekor itik
  • 2 butir jeruk nipis, ambil airnya
  • 5 cm jahe, parut
  • 3 sdm kecap manis, jika suka
  • 50 ml minyak goreng
Bumbu halus
  • 10 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • ½ sdt merica butiran
  • 2 sdt garam

Cara Membuat Itik Panggang Khas Kalimantan

Sudah siap mencoba masakan ini, kalau sudah siap langsung kita mulai saja membuat Resep Itik Panggang ini. Bagaimana caranya, tentu mudah pertama kita siapkan bahan-bahan, bumbunya juga jangan lupa disiapkan semua, setelah itu masak itik panggang ini dengan mengikuti langkah-langkah memasak sebagai berikut:
  1. Bakar bebek utuh di atas bara api sampai berminyak dan bulu halusnya habis.
  2. Potong-potong bebek, lumuri air jeruk nipis dan jahe parut. Sisihkan
  3. Campur bumbu halus dengan kecap manis, dan minyak goreng.
  4. Ratakan pada bebek. Tusuk-tusuk daging bebek supaya bumbu meresap.
  5. Diamkan dalam kulkas selama
  6. Bakar/panggang bebek di atas bara (kecil) sambil balik-balik dan olesi dengan sisa bumbu.
  7. Bakar sampai matangnya merata. Angkat, sajikan.
Sajian kuliner khas Kalimantan ini mudah-mudahan bisa menjadi salah satu menu yang bisa mengisi kekosongan jadwal masakan yang ada. Bisa disajikan sebagai pendamping atau pengganti kuliner-kuliner nusantara lain yang biasa anda sajikan. Silahkan coba juga beberapa menu Kalimantan Selatan, Resep Kalimantan, lain di bagian bawah.

 

About Aji

Check Also

Cara Membuat Sekoteng Yang Segar Nikmat

Cara Membuat Sekoteng Yang Segar Nikmat – Minuman yang menyegarkan, nikmat, tentunya akan sangat dicari. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *