Cara Membuat Ikan Pais Khas Bengkulu

Banyak masakan dari bengkulu yang lemak rasonyo, salah satunya resep ikan pais khas Bengkulu ini. Agar dapat ikut merasakan enaknya menu ini, akan dibahas bagaimana cara membuat ikan pais khas Bengkulu berdasarkan resep yang ada. Mau ikutan?

Masakan yang satu ini seperti masakan bagar hiu, dapat kita buat dengan menggunakan berbagai jenis ikan yang sesuai dengan selera. Tentunya kita bisa menyiapkan yang sesuai resep terlebih dahulu untuk mencicipi rasa khas masakan ini.

Ikan-ikan tersebut terutama yang memiliki banyak daging sehingga hidangan akan lebih mantap. Dalam pengolahannya, ikan ini tidak akan kita potong tetapi hanya dibersihkan dan dimasak utuh. Siapa yang suka dengan ikan?

Bagi yang belum pernah mencoba variasi masakan seperti ini tentu akan cukup menarik untuk dicoba di rumah. Kenapa tidak, semakin banyak jenis olahan yang bisa disajikan maka akan semakin menarik bukan? Harapannya, selera makan anggota keluarga di rumah bisa selalu terjaga, lahap menyantap semua masakan yang dihidangkan, benar tidak?

A. Bahan dan Bumbu Ikan Pais Khas Bengkulu

Bahan yang harus disiapkan untuk masakan khas ini tentunya yang utama adalah ikan, selain itu kita juga memerlukan bahan tambahan seperti kelapa dan juga daun keladi. Untuk bahan dan bumbu selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.
  • 1/4 Kg Ikan
  • 1 bh kelapa matang
  • 1/2 bh kelapa tua (1/2 matang)
  • Cabai secukupnya
  • Daun keladi muda secukupnya
  • Lengkoas seibu jari
  • Jahe sekelinking jari
  • Kunyit sekelingking jari
  • Asam jawa secukupnya
  • Bawang merah 5 bh
  • Bawang putih 3 bh

Ikan apa yang digunakan untuk jenis masakan ini? Kalau saya pribadi sebenarnya suka-suka saja ya, tergantung kesukaan masing-masing. Yang terpenting adalah ikan yang digunakan adalah ikan yang masih segar. Dengan begitu rasa dan kualitas masakannya bisa dijamin.

Bahan Dasar
Ya sudah, silahkan dipelajari dulu bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Setelah itu jika ingin mencobanya bisa langsung disiapkan bahannya. Bahan dan bumbu disiapkan sesuai pada daftar di atas ya. Memasaknya mengikuti panduan di bawah.

B. Cara Membuat Ikan Pais yang Lemak Rasonyo

Agar bahan tersebut menjadi sajian yang lemak rasonyo kita akan segera menyiapkan untuk proses memasaknya dengan panduan yang dapat diikuti sebagai berikut.
  1. Parut kelapa matang lalu di gongseng kemudian dihaluskan
  2. Parut kelapa tua (1/2 matang ) kemudian di haluskan
  3. Campur atau satukan kelapa matang dan tua yang sudah diparut tadi
  4. Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan kunyit
  5. Campur adonan kelapa dengan air asam jawa secukupnya
  6. Campur bumbu yang sudah diberi air asam jawa dengan adonan kelapa
  7. Masukkan ikan kedalam bumbu yang sudah di siapkan
  8. Bungkus ikan dan bumbu kedalam daun keladi
  9. Sebelum merebus terlebih dahulu air rebusan dicampur dengan air asam jawa kemudian rebus bungkusan ikan tersebut
  10. Air rebusan usahakan melebihi bungkusan ikan
  11. Tunggu hingga matang
  12. Angkat dan sajikan

Selain menu tersebut kita juga dapat mencoba masakan Bengkulu lain misalnya Gulai Rebung Asam Bengkulu yang juga telah kita bahas bersama-sama. Agar tidak ketinggalan menu-menu lezat lain pastikan sobat netter rajin-rajin berkunjung ke blog masakan khas daerah ini ya.

About Aji

Check Also

Cara Membuat Sekoteng Yang Segar Nikmat

Cara Membuat Sekoteng Yang Segar Nikmat – Minuman yang menyegarkan, nikmat, tentunya akan sangat dicari. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *