Enjoy the breeze of Singkarak Lake

Danau Singarak Sumatera Barat diberkahi dengan keindahan alam perbukitan yang mengelilingi cekungan danau. Selain Danau Maninjau , ada satu lagi danau indah di Sumatera Barat yang bersih dan tenang bernama Danau Singkarak. Danau Singakarak memiliki luas sekitar 129,69 km dan kedalaman 36,5 meter di atas permukaan laut dan menghubungkan wilayah Tanah Datar dan Solok.

Danau Singkarak, danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba, terletak di hulu Sungai Batang Umbilin. Dari Danau Singakarak, Batang Ombilin mengalir dan membelah sawah, menjadi sumber irigasi yang penting bagi ladang yang ditanami. Air dari Danau Singkarak yang merupakan pembangkit listrik mengalir melalui terowongan di dekat Bukit Barisan.

Jika Anda berkunjung ke Danau Singkarak, jangan lewatkan kesempatan untuk berkano atau berperahu untuk menikmati ketenangan di tengah danau. Dari sana, Anda akan melihat warga kota berjejer di tepi danau, yang terlihat seperti pagar Danau Singkarak. Anda akan melihat ikan bass dan menari melalui air jernih di mana Anda akan melihat pantulan indah dari perbukitan yang membatasi perimeternya.

Ikan pelet (bahasa Latin: Mystacoleucus padangensis), yang dipercaya sebagai satu-satunya spesies unik di dunia, menjadi sumber kehidupan masyarakat Singkarak. Jika sudah selesai menikmati keindahan Festival Danau, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk mencicipi makanan di warung makan di luar Festival Danau. Menu utamanya adalah pelet ikan dan Anda akan merasakan rasanya yang unik, gurih dan aromatik. Nikmati juga, jalan berkelok-kelok melewati Danau Singkarak yang dikelilingi oleh sawah bertingkat, rumah Bagonjong dengan perbukitan dengan latar belakang hijau, dan Danau Singkarak yang tertiup angin sepoi-sepoi.

di sana
Jika Anda berencana berjalan kaki dari Padang ke Danau Singkarak , Anda akan berjalan sekitar 120 kilometer dalam waktu sekitar 75 menit. Biaya yang akan Anda bayarkan untuk transportasi umum adalah sekitar 30.000 rupee. Anda dapat menggunakan bus umum dari Bukittinggi hanya dengan Rs. 10.000, Anda akan mencapai Danau Singkarak hanya dalam waktu 30 menit.

dimana untuk tinggal
Ada banyak homestay/hostel di sepanjang tepi Danau Singkarak, serta hotel dan motel seperti Singkarak Beach Hotel, yang sering penuh dengan turis lokal dan asing dan juga nyaman untuk beraktivitas. seminar, pelatihan dan retret. Selain itu, ada tempat bermain Singakarak bagi yang membawa keluarga seperti Tanjung Mutiara, perahu kecil untuk berkeliling danau dan masih banyak lagi anak-anak lain yang bermain.

dimana beli oleh-oleh
Anda akan mendapatkan suvenir unik dari perjalanan Anda ke Danau Singkarak. Harga naik hingga 30.000 per kilogram karena Anda dapat membawa pulang pelagis kering yang dijual setiap hari di pasar tradisional Ombili. Ini akan menjadi pelet ikan kering untuk oleh-oleh Danau Singkarak Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url